Seri The Lunar Chronicles!!

Setelah lama nggak nulis lagi, akhirnya gue mau nulis lagi nih. Jadi kan gue nggak suka nonton ya, tapi gue tuh suka banget baca buku. Novel sih tepatnya. Kan biasanya orang kalo baca buku tuh kesannya pinter gitu yaa, tapi yang gue baca novel haha gimana dong? Sering banget kalo gue lagi baca novel ada yang bilang “wah rajin banget” terus nyokap gue akan bilang “itu novel” seakan-akan yaa gue nggak rajin lah, secara yang gue baca itu novel bukan buku pelajaran. Tapi kan yekali bawa bawa buku pelajaran kemana-mana. Sebenernya di rumah juga jarang baca sih hahaha..

Enough with the intro

Gue mau ngomongin novel yang keren banget lah dan baru gue baca beberapa minggu yang lalu, bahkan buku keduanya baru semingguan yang lalu. Judul serinya The Lunar Chronicles!!

Ya buku ini udah terkenal sih sebenernya. Udah jadi New York Times Bestseller. Penulisnya namanya Marissa Meyer. Tapi nggak tau kenapa kayaknya nggak terkenal di Indonesia. Mungkin karena belom ada terjemahan bahasa Indonesianya. Setau gue sih belom ada.

Oke jadi ini tuh ceritanya di masa depan gitu. Setelah perang dunia keempat dan dunia terbagi jadi enam negara yaitu Eastern Commonwealth (Asia), European Federation, Africa, United Kingdom (UK+Kanada), America *gue lupa nama lengkapnya apa*, dan Australia (termasuk Oseania). Yang bikin keren dari cerita ini adalah ini Science Fiction dicampur Fairy Tale. Keren banget.

Jadi buku pertama judulnya Cinder.

penampakan buku Cinder gue
Ini diambil dikit dari cerita Cinderella. Dia punya ibu tiri yang jahat, sama dua saudara tiri dan bapaknya dia udah meninggal. Tapi disini Cinder itu cyborg. Beberapa bagian tubuh dia itu kayak rusak karena semacem kecelakaan gitu dan diganti sama buatan. Buatan ini bukan transplantasi kayak di buku Unwind, tapi mesin. Dan Cinder punya Android. Android di sini bukan hp atau tablet kayak sekarang, tapi semacem mesin kecil gitu. Di buku ini tablet disebutnya portscreen dan hp nggak ada kayaknya. Di buku ini waktu awal baca pasti banyak istilah-istilah yang susah dimengerti gitu tapi itu keren haha-_- Selain portscreen, ada juga netscreen. Kalo menurut bayangan gue ya netscreen itu komputer gitu.

Terus semua orang di sini punya ID chip di pergelangan tangan dan itu harus discan gitu kalo lo mau naik kendaraan umum, atau mau bayar sesuatu, bahkan untuk pemeriksaan-pemeriksaan kesehatan juga. Ini keren. Entah kenapa gue kepikiran soal RFID yang gue baca di Novus Ordo Seclorum. ID Chip ini bisa bikin lo gampang terlacak gitu. Jadi biasanya orang-orang yang melarikan diri nyayat pergelangan tangannya terus ID chipnya mereka ambil. Mengerikan sebenernya. Tetap keren.

Di sini Cindernya juga punya pangeran. Namanya Kaito, dia anaknya Kaisar Eastern Commonwealth dan dibilangnya dia ganteng banget dan cowok impian cewek cewek di seluruh penjuru Eastern Commonwealth.

Di sini, masalahnya itu adalah ada semacem wabah penyakit yang namanya letumosis dan penyakit ini udah merenggut banyak korban. Udah gitu masalah lainnya adalah adanya kaum Lunar. Yeaay! Mereka udah diebut-sebut di awal judul seri, tapi siapakah mereka?

Orang Lunar adalah orang-orang yang tinggal di bulan. Tapi mereka bisa dibilang superior gitu terhadap manusia karena mereka bisa ngendaliin pikiran manusia. Gue lupa gimana awalnya orang Lunar ini bisa ada di bulan, tapi mereka ada beberapa yang menyusup ke bumi untuk melarikan diri dan tanpa sengaja membawa penyakit letumosis ini. Orang Lunar punya ratu yang serem dan dianggap memerintah dengan semena-mena gitu, makanya mereka banyak yang melarikan diri ke bumi. Udah gitu, di buku ini ratu Luna itu pengen nikah sama Pangeran Kaito, katanya sih buat melancarkan kerja sama antara Luna sama bumi (Earthen Union). Sementara banyak banget orang yang nggak setuju dan mikir kalo ratu ini cuma pingin nguasain bumi setelah nikah sama Kaito. Lalu apa yang terjadi? Baca aja buku ini, asik banget.

Terus buku keduanya judulnya Scarlet.

Scarlet diambil dari cerita Red Riding Hood. Dia pergi untuk nyari neneknya, daaaan di buku ini ada yang namanya Wolf! Gila gue suka banget sama ni orang. Keren gitu. Dan entah kenapa gue ngebayangin dia ganteng… Ya pokoknya Wolf itu street fighter. Gue nggak bener-bener ngerti street fighter itu maksudnya apa, tapi dia jago berantem, itu udah pasti. Tapi kadang dia bisa kayak bocah gitu, nggak tau apa-apa. Ohmaigat..
Gila gue cinta Wolf wuahaha

Nanti Scarlet sama Cinder bakalan ketemu kok, dan mereka ada hubungannya lah, tenang aja. Di buku ini juga nyeritain perjalanan Cinder sama pelarian penjara ganteng namanya Carswell Thorne. Bayangan gue sih nggak begitu ganteng tapi menurut penulisnya dia ganteng. Oh yasudahlah.

Dan masalah ratu Lunar dan Kaito juga belom selesai di sini. Judulnya aja Lunar Chronicles, jadi kalo menurut gue ya masalah ke-Lunar-an ini bakal selesai di buku keempat.

Seri ini keren banget! Bahkan entah bagaimana bisa bikin gue agak males baca House of Hades yang udah gue tunggu setaun lebih. Gila. Udah gitu gue nyelesaiin House of Hades + Scarlet cuma dalam seminggu. Gila gue kece. Padahal buku-buku ini 600an halaman udah gitu Lunar Chroniclesnya bahasa Inggris. Ini novel bahasa Inggris tertebel yang pernah gue baca. Kecuali kalo Benedict Society lebih tebel sih.. Au ah.
Seri ini asih ada buku ketiga dan keempatnya. Ketiganya masih hard cover. Mahal. Yang keempat keluar taun depan-_-

tebelnya segini lah, biasa sebenernya untuk jenis buku science fiction

Menurut gue kalo Lunar Chronicles dibikin film, filmnya bakalan dipenuhin sama cowok-cowok ganteng. Mungkin karena ini rada fairy tale gitu ya, dimana biasanya cowoknya ganteng-ganteng. Biasanya kan kalo di buku lain deskripsi cowoknya tuh “nggak begitu ganteng, tapi bentuk mukanya bagus” atau “mukanya sih biasa aja, tapi badannya bagus banget”. Sementara kalo di buku ini si penulis jelas-jelas ngomong kalo mereka GANTENG! Oke that’s enough.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s