Hipster Reader

Hipster itu kan melakukan sesuatu sebelum itu hal menjadi mainstream. Atau gak menghindari sesuatu yang sudah mainstream. Menurut pengertian yang pertama, gue merasa gue adalah hipster soal baca buku. Nih, gue sering banget baca buku dan udah seneng bamget sama buku itu sebelum orang-orang jadi rame soal buku itu. Karena biasanya sebuah buku jadi terkenal setelah filmnya keluar. Iyakan?
Yang pertama, Laskar Pelangi. Gue punya buku laskar pelangi yang cetakan pertamanya. Bukan yang banyak versi setelah filmnya keluar. Gue baca buku itu waktu gue kelas 5 sd. Itu sekitar tahun 2007-2008. Gue inget di covernya ada tulisan “seri pertama dalam tetralogi laskar pelangi”. Terus gue mau sok-sokan keren baca buku begituan ke guru bahasa Indonesia gue, gue nanya ke dia tetralogi itu apaan. Tapi dia gak tau dan dia gak tau juga buku laskar pelangi itu. Ya gue bingung aja sih.
Sampe akhirnya filmnya keluar, dan hampir semua orang baca buku itu..
Terus The Hunger Games. Gue mulai tau soal buku itu waktu Taylor Swift ngeluarin lagu Safe and Sound. Karena katanya itu soundtrack The Hunger Games. Nggak lama setelah itu, gue sama adek gue mulai baca buku itu dengan minjem ke temennya adek gue. Gue tau sih kalo lagunya Taylor Swift udah keluar berarti bukunya udah terkenal di Amerika. Tapi di sini belom.
Gue menyelesaikan ketiga buku Hunger Games dengan cepat, tapi bahkan sekarang gue belom nonton film Hunger Games full, baru depan depannya doang karena itu ngebosenin banget. Kalo Catching Fire gue udah nontooonn!! Tapi di internet.. haha
Sebelum baca Hunger Games, gue sama adek gue udah baca The Mortal Instruments. Yang judulnya City of Bones, City of Ashes, sama City of Glass. Ada dua lagi sih, tapi gue cuma baca tiga buku pertama. Itupun minjem ke temen gue. Kayaknya gue baca buku ini waktu kelas 8.

Terus beberapa saat lalu ada filmnya kan, orang-orang pun banyak yang tau soal buku ini. Tapi gue udah lupa ceritanya.. Dan gue juga nggak nonton filmnya.. haha gue udah move on ke novel baru.

Gue juga udah baca Divergent sebelum buku itu terkenal. Baru sampe Insurgent sih. Pas orangorang udah ngomongin buku itu dan udah terkenal, gue udah lupa ceritanya!! Betapa kerennya gue.

Kata adek gue, novel dystopia pertama yang kita baca adalah Incarceron. Ini New York Times Bestseller loh! Bahkan udah diterjemahin ke Bahasa Indonesia. Tapi nggak terkenal di sini:( Gue baca ini udah lama, dan gue baru baca buku keduanya, judulnya Sapphique beberapa minggu yang lalu. Pokoknya gue baru selesai lah. Dan gue gak tau Sapphique diterjemahin ke Bahasa Indonesia apa enggak, soalnya gue belinya yang Bahasa Inggris. Sementara Incarceron gue minjem. Jadi ya.. ada buku kedua, gak ada buku pertama. Tapi buku ini bagus banget! Jadi gak papa.

Hmm terus apa lagi ya.. Nih yang udah dijadiin film: The Maze Runner! Kayaknya sih buku ini lumayan terkenal loh di Indonesia, tapi gue belom nemu temen gue yang baca ini juga:( menyebalkan. Tapi buku ini asik banget. Ini tetralogi juga (sekarang gue udah tau apa itu tetralogi) dan gue baru punya dua buku pertama, yang Bahasa Inggris. Pas gue nyari buku ketiganya, adanya yang covernya nggak glossy. Gue di rumah koleksinya yang glossy cover jadi kalo nggak glossy nanti jelek diliatnya di rak buku hahaha.

Gue juga lagi baca The Lunar Chronicles, yang udah gue bahas di sini. Sayangnya gue belom pernah ketemu SATUPUN orang yang baca ini juga. Ini salah satu novel terkeren yang pernah gue baca.

Ngomong-ngomong, film Maze Runner baru keluar loh!!! Gue bahagia!! Gue berencana nonton film ini berdua sama adek gue karena gue belom nemu temen yang baca buku ini juga. Selain itu, gue nggak mau bikin film ini jadi film mainstream macem Hunger Games.

Hipster Reader FTW!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s