Ngebolang Perpus Daerah DKI di Cikini

Beberapa hari yang lalu, gue sekeluarga pergi ke Perpustakaan DKI Jakarta di Cikini. Jadi nyokap gue katanya dari kecil udah sering main di situ kalo pulang sekolah. Terus tiba-tiba suatu saat perpustakaan itu nggak ada lagi. Sejak April kemaren, perpustakaan daerah ini baru buka lagi, nyokap gue juga baru tau.

Gue berangkat dari rumah sekitar jam setengah sebelas siang. Jadi perpustakaannya itu di kompleks Taman Ismail Marzuki. Gue naik mobil nih sekeluarga. Jadi masuk-masuk langsung ke kanan. Masih di depan sih kalo gak salah.
Depannya
Yaa gitu deh depannya dari terasnya. Terus pas masuk nyokap gue nulis nama gitu di buku tamu. Ada satpamnya. Di situ aja udah berasa dingin padahal belom beneran masuk ke perpusnya. Abis itu ada pintu lagi terus di sini semuanya harus ngisi buku tamu di komputer gitu. Keren sih, tapi jadi nggak keliatan kayak kalo di buku kan kita bisa ngeliat orang-orang di atas kita dari mana aja hehe. Gak penting sih-__-
Lantai dasar dengan sudut pandang yang sangat jelek
Terus nyokap gue ngasih KTP dan kita dikasih tas gitu. Tas plastik lumayan gede yang bisa dipake kalo misalnya lo mau bawa barang-barang ke atas. Soalnya tas semuanya harus dimasukin ke loker. Kita juga dikasih kunci loker yang ada nomernya. Cuma ada tiga tas kecil kecil jadi muat semua haha. Sebelum naik, gue sama nyokap gue langsung bikin kartu anggota supaya bisa minjem buku. Jadi kalo mau bikin kartu anggota harus ngasih fotokopian KTP. Cuma gue sama nyokap gue doang yang ada fotokopi KTP. Bokap gue gaada jadi dia gak bikin.
Oiya jadi pas gue ke sini, sepupu gue juga ikut, kakak adek dua orang. Orang-orang lain yang liat bakal mengira kita enam bersaudara-__-
Ternyata mesin buat bikin kartunya lagi rusak, baru rusak kemarennya… Sedih amat. Gue sama nyokap gue cuma dapet kertas kecil gitu isinya nama, nomer anggota, sama tahun berlaku. Ya terus gak tau kapan dapet kartu benerannya. Mungkin nanti pas ngembaliin buku ya.

Tempat buku-buku ada di lantai satu dan dua. Lantai paling bawah itu namanya lantai dasar (ini penting untuk disebutkan). Gue sama nyokap naik ke lantai satu pake tangga. Tangganya terbuka gitu di luar, nggak kayak tangga darurat gitu walaupun tepat di sebelahnya ada lift. Tempat buat anak-anak di lantai dua. Nyokap gue mau langsung naik ke lantai dua tapi ternyata kalo mau ke lantai dua harus dari lift. Akhirnya naik lift deh jadinya.

Gue juga ke lantai dua sebentar buat liat-liat. Yang naik ke atas adek gue yang paling kecil (5 tahun) sama sepupu gue yang kecil (8 tahun). Lantai dua dibagi jadi dua ruangan gitu. Ruangan luar isinya buku-buku terus ada meja-meja di lantai sama mat warna-warni gitu jadi duduknya di bawah. Terus di sekeliling ruangan ada kursi juga. Buat yang nungguin anak lah. Bokap gue juga duduk di kursi. Gue nggak moto ruangan ini karena malu. Dengan berdiri di situ aja gue merasa out of place. Gue terlalu tua untuk berada di situ dan gue nggak kelihatan seperti orang yang menjaga anak kecil. Ya mungkin ini perasaan gue doang sih.

Ruangan satunya gede banget dan ituuuu ruang bermain.

Yea rite. Dan gue melihat adek gue lagi mainan skuter di sini. Besar banget ya. Lega gitu lagi. Terang. Banyak sumber cahaya. Rumah impian jir..
Terus gue turun ke bawah lagi. Beginilah penampakan lantai satu
Di sananya lagi itu ada komputer dan penjaganya
Maaf gue buru-buru
Bagus gak?-__-
Raknya banyak banget. Kursi buat baca juga banyak banget. Meja yang bulet-bulet dengan empat kursi itu ada banyak banget. Di bagian agak jauh juga banyak meja yang ada sekat-sekatnya jadi enak buat duduk sendirian. Gue sama adek dan sepupu gue di sini terus bacanya.
Jadiii gue menemukan ini
I’m exploding with happiness. Naah
Terus gue bawa buku Complete Spanish Volume 1 dan duduk di deket tempat adek gue. Setelah beberapa lama, nyokap gue dateng sama sepupu gue yang kecil. Jadi dia orangnya emang bosenan gitu dan gak begitu seneng baca. Gue sama adek-adek gue ya lumayan seneng baca, atau bahkan seneng banget baca. Dan ternyata ruangan main di atas itu cuma boleh dimasukin sama yang umurnya di bawah enam tahun. Enam tahun udah gak bisa. Jadi pas mau masuk ditanyain gitu sama yang jaga. Sepupu gue ini emang udah kelas tiga. Pas adek gue ditanya, katanya dia mikir lumayan lama terus bilang lima hahaha. Emang beneran masih lima tahun sih. Ulang tahun keenam dia tinggal empat hari setelahnya…
Sepupu gue turun sambil ngomel ngomel gajelas haha
“Ih aku gak dibolehin masuk sama penjaganya”
“Coba kalo penjaganya nggak ada”
“Aku mau baca aja di sini”
“Ih apaan sih penjaganya”
Terus dia ngambil buku asal-asalan buat sok sokan baca..
Gue juga sempet sholat zuhur di situ. Di depan musholanya ada banyak sendal jepit yang bisa dipake buat wudhu. Udah gitu sendalnya dikodein lagi. Lucu bingits.
Wudhunya di kamar mandi dan ini lumayan membuat becek. Musholanya kecil, tapi nyaman lah.
Abis itu gue pulang. Gue sekeluarga minjem buku empat, karena satu kartu maksimal minjem dua buku. Di lantai bawah itu ada mesin buat minjem buku kayak gini:
Gue semangat banget haha. Tapi gara-gara gue belom dapet kartu yang sebenarnya, gue harus minjem manual ke orangnya;(
Abis itu gue keluar dan ternyata di luar ada beginian!
Waaaah keliatan gak?? Itu buat ngembaliin buku
Aduh kok gue jadi norak gini
 
Jadi kalo misalnya lo mau ngembaliin buku pas lagi rame atau lagi tutup yaaa ke situ.
Gue pingin bikin ini jadi post yang berguna. Kalo mau berkunjung ke museum ini, hal-hal yang (menurut gue) penting diingat:
  • Lokasinya di TIM, Cikini. Begitu masuk dari tempat mobil, langsung ke kanan. Gak jauh.
  • Buka Senin sampe Jumat
  • Tutup jam 4 sore, gue lupa bukanya jam berapa
  • Kalo mau bikin kartu anggota, siapin fotokopi KTP
  • Tempat main buat anak-anak buat maksimal umur lima tahun. Tempat baca anak-anak sih gaada batas umurnya
Sebenernya ada lagi perpustakaan daerah di Kebayoran yang buka Sabtu (mungkin Minggu juga?) soalnya perpustakaan ini udah lama. Yaaudah gitu aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s