Pengen Liburan Produktif

Halooo lagi

Jadi ternyata gue udah lebih dari enam bulan nggak nulis apa-apa di sini. Mungkin karena sibuk kuliah haha atau karena kosan gue nggak ada wifi atau karena males aja. Ya kebiasaan lah kalo udah lama nggak buka malah jadi males gitu kan gue takut soalnya entar tibatiba blog gue kenapa kenapa.

Yhaa jadii ini sudah liburan lagi YEAAAYYY dan gue nulis post ini pas hari Lebaran banget jadiii Selamat Hari Idul Fitri temantemaann. Taqobbalallahu minna wa minkum, semoga Allah swt menerima puasaku dan puasamu, semoga kita bertemu lagi dengan Ramadan tahun depan, aamiin.

Nah jadi liburan ini gue sangat-sangat berusaha untuk bikin liburan gue produktif. Nggak kayak biasanya yang isinya tidur makan tidur makan doang. Sebenernya gue nggak dari awal berencana untuk begini sih, cuman gue nyadar gitu pas awal awal liburan gue di rumah kan, terus biasanya abis sahur gue tidur lagi daaan gue bangun tidur jam 2an wow. Gue merasa nggak berguna banget. Jadi setelah itu gue merasa bahwa gue nggak seharusnya langsung tidur lagi abis solat subuh. Jadi biasanya gue tidur baru sekitar jam 10 lah. Tapi yaa bangunnya tetep aja sore mau gimana juga. Tapi paling enggak di pagi hari gue bisa melakukan sesuatu lah.

Jadiii setelah solat subuh gue membuka website-website yang sudah lama gue tinggalkan meskipun sangat berguna. Gue buka buka lagi Coursera sama Duolingo, yang bikin pinter banget you should check them out.

Coursera

Coursera itu adalah website online course tempat lo bisa belajar apapun yang lo inginkan.. selama ada di situ. Sejujurnya gue cari kelas yang rada berhubungan sama jurusan gue tapi apa boleh buat. Ada sih tapi rada jauh dan gue nggak setertarik itu. Belakangan ini gue lagi aktif banget di Coursera. Sebenernya dibilang aktif juga gimana ya.. Soalnya cuma nonton video lecture doang. Jadi kayak dengerin guru atau dosen ngomong begitu loh. Di Coursera ini ada kelas dari universitas-universitas macem Princeton, Stanford, Yale, dan lain lain. Nah gue sering buka Coursera karenaaa….

Yha jadi gue ikut empat kelas yang lagi aktif. Itu di bawahnya ada lagi sih tapi itu yang dulu dan udah nggak aktif lagi. Bener-bener harus nyempetin waktu dalam sehari untuk buka setiap course ini karena gue berusaha untuk nonton semua lecturenya dan ya pasti ngerjain tes-tesnya. Kalo misalnya udah kelar kelas, lo bisa dapet online certificate gitu dan sebenernya gue belom pernah nyelesaiin satu pun sih lol jadi gatau juga. Tapi kalo lo mau dapet sertifikat yang reliable dan bisa ditaro di LinkedIn dan sebagainya lo bisa bayar yang menurut gue sangat sangat mahal untuk dompet gue sendiri, tapi sebenernya mayan juga kalo lo ngitung ini sebagai ikutan kelas dari universitas-universitas itu yang bisa puluhan juta mungkin kalo summer school doang. Harga satu course beda-beda, ada yang $49, ada yang $79, dan kalo lo ikutan specialisation bisa jutaan tapi menurut gue kalo lo ada duitnya sih ya why not. Katanya sih bisa minta semacem beasiswa gitu tapi lo harus nulis sesuatu gimana gitu dan gue masih terlampau mager jadi ya sudahlah. Lagian kalo pun lo nggak bayar lo bisa tetap join kelas, ikut-ikutan tes (meskipun ada yang nggak bisa sih), dan yang penting kan ilmunya kan? Yegak yegak

Gue ngerasa gimana gitu sih. Kalo diliat di pilihan course gue agak keliatan kan minat gue apaan tapi sedihnya adalah nggak berhubungan sama jurusan gue haha. Telat nyadar parah. Haa gimana ya. Mungkin seharusnya gue sbm kemaren tapi mager. Mahal lagi 200ribu-__- Dan katanya kan jurusan nggak bener-bener menentukan karir lo ke depannya jadi ya gue berharap aja siapa tau gue bisa belajar beginian lebih lewat pengalaman lah sama kursus.

Duolingo

Sekarang, Duolingo itu buat belajar bahasa. Sebenernya Duolingo mayan terkenal sih karena ternyata teman gue banyak yang pake. Emang susah kan waktu gue pertama nyari tempat gue bisa belajar bahasa-bahasa yang gue pengenin dan kurang disetujui mama karena kayaknya kurang prospektif. Kalo disetujuin kan gue bisa dengan mudahnya nyari les Bahasa Spanyol atau Italia tapi yaaa terus gue menemukan Duolingo dan bener-bener bantu banget!! Parah!! Wow.

Ini juga sebenernya sudah lama banget nggak gue buka buka lagi jadi banyak yang berkurang tapi masih lumayan lah. Btw id gue aaapsari, yang punya Duolingo follow lah guys, meskipun gue gatau juga apa gunanya saling follow di Duolingo, mungkin buat saling memotivasi doang.

Jadi sekarang tuh selama liburan, rencananya sih pagi-pagi gue bakalan langsung buka Coursera sama Duolingo biar pinter haha. Yaampun I sound so ambis and snobbish benci deh. Tapi ya ini buat bantu bantu kalian juga yang pengen belajar bahasa asing dan gatau mau les dimana dan ga punya duit mungkin? Dats me. Atau mau belajar apa pun yang lain bisa cari di Coursera. Kalo nggak Coursera, ada yang mirip kayak Coursera namanya EdX, sama isinya online classes juga. Gue juga dulu pernah ikutan di EdX tapi nggak selesai hehe. Cuman aplikasi hpnya lebih enak punya Coursera jadi… gitudey.

Selamat liburan guyss!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s