Ulasan Seri Fantasi Locke and Key

Sudah saatnya aku membuat konten blog yang sesuai dengan nama blogku, Musik dan Fantasi. Locke and Key adalah seri fantasi yang menceritakan kehidupan satu keluarga yang pindah ke sebuah rumah tua lalu mengalami kejadian-kejadian aneh…

Seri ini adalah adaptasi dari komik berjudul sama, tapi katanya sih komiknya itu lebih ke arah horor daripada fantasi. Sementara untuk seri ini memang sengaja dibuat fantasi dan ramah keluarga. Serinya sendiri keluaran Februari 2020, jadi benar-benar tontonan awal pandemi banget. Aku sudah lama menontonnya karena langsung tertarik ketika lihat trailernya. Sayangnya jarang ada orang di sekitarku yang ngomongin seri ini jadi aku ingin ngomongin supaya semakin ramaiiii dan banyak yang suka. Kebetulan sekali akan keluar Season 2-nya bulan Oktober mendatang jadi aku makin excited. Dan aku ingin lebih banyak orang excited bersama aku!!

Sinopsis cerita

Rumah baru mereka, Keyhouse Manor

Keluarga Locke terdiri dari tiga anak, Tyler, Kinsey, Bode, dan ibu mereka, Nina. Mereka pindah ke sebuah kota kecil, Matheson, setelah kematian ayah mereka. Mereka menhuni sebuah rumah tua yang besar, tempat tinggal ayah mereka semasa kecil. Ayah mereka, Rendell, jarang membicarakan masa kecilnya di rumah ini, bahkan dengan ibu mereka. Ini membuat anak-anak penasaran ketika menemukan banyak kenang-kenangan di rumah itu, seperti foto ayah mereka dengan teman-temannya dan ruangan yang biasa mereka pakai untuk nongkrong.

Anak-anak keluarga Locke

Meskipun aku bilang anak-anak, ketiga anak keluarga Locke ini tidak semuanya masih anak-anak. Tyler dan Kinsey keduanya sudah SMA (atau SMP? tapi kelihatannya tua) sementara Bode sepertinya masih SD. Jadi pada hari-hari pertama, Bode-lah yang menjelajahi rumah tua ini sendirian karena kedua kakaknya sudah mulai bersekolah. Bode kemudian menemukan semacam gubuk terkunci yang isinya sumur. Ia mengobrol dengan suara dari dasar sumur ini yang mengaku bahwa ia adalah “gaung” dari Bode. Jujur, pada saat ini aku mulai merasa takut karena gimana kalau ini jadi horor? Tapi tenang saja buat kalian yang penakut seperti aku, seri ini nggak horor kok hehehe.

Seperti judulnya, Locke and Key, Bode, Kinsey, dan Tyler menemukan kunci-kunci unik dan ajaib di rumah ini. Salah satu yang paling penting dalam cerita adalah Anywhere Key atau Kunci Ke Mana Saja. Nggak jauh beda dengan Pintu Ke Mana Saja milik Doraemon, Anywhere Key ini bisa membawa kita ke tempat mana pun yang kita bayangkan, asalkan kita tahu pasti bahwa tempat itu punya pintu dan kita bisa membayangkan pintunya. Jadi nanti kuncinya kita masukkan ke lubang kunci, lalu saat dibuka kita akan muncul dari pintu di tempat mana pun di dunia. Jadi tidak bisa digunakan untuk ke puncak Monas, misalnya, karena di atas es krimnya itu nggak ada pintu, kan? Atau ada? Tapi aku nggak tahu bentuk pintunya seperti apa jadi tidak akan berhasil. Sungguh sangat bermanfaat.

Bode, Kinsey, dan Tyler akan menyelidiki rumah besar ini, beserta teman-teman lama ayah mereka, untuk mencari tahu kunci-kunci ini itu apa, sih? Dan misteri tambahan adalah apa yang terjadi pada ayah mereka yang membuat dia ingin melupakan masa lalunya di kota Matheson ini. Sungguh sangat menyenangkan. Mereka juga akan melawan “gaung” atau “echo” yang akan berusaha untuk menguasai kunci-kunci tersebut.

Ulasanku

Asyikkkkkkkk sekali seri ini. Ada unsur fantasi, drama sekolahan, drama keluarga, dan kehidupan kota kecil yang indah pemandangannya, adem banget diliat. Memang nggak banyak aku bicarakan di atas soal kehidupan sekolah mereka, tapi ini akan cukup memengaruhi jalan cerita. Misalnya Tyler janjian dengan cewek yang ia sukai lalu nggak jadi ikut menjelajah rumah bersama adik-adiknya. Teman-teman mereka juga kemudian akan berperan dalam cerita fantasi secara keseluruhan. Kehidupan sekolah dan pertemanan mereka sangat asyik untuk ditonton karena kita jadi ikut menebak-nebak, kira-kira siapa yang akan pacaran dengan Kinsey dan Tyler? Apakah rahasia mereka akan ketahuan di sekolah?

Tyler, Kinsey, dan kawan-kawan

Hubungan kakak beradik antara Tyler, Kinsey, dan Bode asyik untuk diperhatikan. Tyler dan Kinsey usianya berdekatan sementara mereka berdua jaraknya jauh dengan Bode. Ini membuat Bode sering merasa ditinggalkan padahal ialah penemu kunci yang pertama. Mereka bertiga juga harus bersatu membantu ibu mereka yang masih berduka setelah kematian ayah mereka.

Perkembangan karakter dari setiap orang di sini merupakan hal yang penting. Anak-anak Locke yang awalnya cukup cuek dengan satu sama lain terpaksa harus saling peduli. Prioritas yang awalnya adalah menjadi anak populer di sekolah akan dinomorduakan ketika salah satu anggota keluarga membutuhkan bantuan.

Dalam seri ini juga terdapat sedikit flashback ke masa lalu ketika ayah mereka masih tinggal di rumah itu. Kita akan mempelajari mengapa Rendell ingin melupakan masa lalunya, juga apa yang terjadi dengan teman-temannya yang sekarang tidak lagi terlihat berlalu-lalang di Matheson.

Unsur fantasinya sangat terasa. Bahkan awal-awal aku sempat takut karena rasanya akan menjadi horor. Seri ini sering tiba-tiba terasa dark aja gitu. Apalagi waktu pertama kita bertemu antagonisnya. Tapi ini tidak berlangsung lama, setelah itu aku ikut menikmati dan berimajinasi soal kunci-kunci yang mereka temukan di rumah ini. Ada Anywhere Key, Head Key, Matchstick Key, dan banyak lagi. Aku sendiri lupa ada berapa.

Finally, ceritanya memang menarik. Dia cukup family friendly. Seperti dengan seri-seri kebanyakan, aku akan butuh waktu untuk bisa “nyangkut” pada seri ini tapi setelah dua atau tiga episode aku mulai binge watching hehehe. Untuk kalian yang menyukai cerita fantasi, seri Locke & Key sangat perlu untuk dicek.

2 Comments

  1. Aku juga suka banget sama series ini Mba! Awalnya emang agak bosen sih persis kayak kata Mba bilang, sulit nyangkutnya, tapi pas aku lanjutin malah jadi seru banget! Jadi inget season 2 nya bakal tayang bentar lagi. Awalnya aku kesel sama Kinsey tapi untung nyebelinnya gak lama-lama amat hahaha. Disini yang terbaik emang Bode sih meskipun bontot tapi kayaknya dia yang paling deket sama kunci-kunci itu

    Like

    1. Wahhh seneng banget ada yang suka juga!! Beneran loh temen-temenku yang sharing akun Netflix gaada yang nonton kan sedih ya. Iyaa lama-lama jadi seru apalagi episode terakhir bikin geregetan banget makanya aku nggak sabar nunggu season 2.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s